ROMANTISME INDONESIA

Kemana Anda akan mengajak pasangan pergi kencan? Saya pernah mendengar cerita sepasangan suami-istri yang telah menikah selama 24 tahun, mereka kerabat teman saya, melenggang ke rumah makan favorit sekadar untuk makan malam berdua. Saya juga pernah mendengar mereka menempuh sekian kilometer ke luar kota hanya untuk mengunjungi tempat-tempat kenangan, mereka bisa kembali pada hari yang sama, atau keesokannya.

Idenya bisa Anda tiru. Misalnya dengan berjalan-jalan ke tempat kenangan Anda berdua. Atau, kalau Anda ingin suasana yang berbeda, coba pergi ke beberapa tempat wisata yang memang bisa membangun mood serta keintiman. Untuk membantu Anda, berikut ini saya pilihkan beberapa tempat menarik di Tanah Air. Semoga suasananya bisa menjadi latar kebersamaan Anda dan Si Dia.

•    KAMPUNG SAMPIREUN, GARUT, JAWA BARAT
Resort ini menawarkan suasana yang sangat tenang. Cerita Ayu, seorang kenalan yang pernah menginap di sana, menegaskannya. Mengenai arsitektur, situs resminya kampungsampireun.com menyebutkan, kalau Kampung Sampireun merupakan resort bernuansa perkampungan Sunda, dengan bungalow bambu khas Rumah Panggung Tatar Sunda Parahyangan, yang berdiri di atas situ (danau) luas. Dia terbentang di lereng pegunungan dengan udara yang sejuk dan pemandangan yang asri, di kelilingi oleh tujuh mata air besar, serta kebun bambu dan tanaman pinus yang menyejukkan.

Di sini Anda bisa bersantai di sekitar resort, atau mengajak si Dia menaiki perahu yang sudah disiapkan di setiap bungalow. Bahkan jika Anda mau, Anda bisa mengambil paket candle light dinner di atas rakit mengapung, yang sudah didekorasi sedemikian rupa. Romantis. Saat sore tiba, Anda akan disuguhkan permainan calung, dan saat malam, alunan kecapi suling akan menemani istirahat—atau waktu bercinta—Anda. Menarik bukan?

•    DESA TEMBI, BANTUL, YOGYAKARTA
Anda akan menemukan satu tempat yang memang dibangun dari rumah dan lingkungan tradisional asli Jawa Tengah: Omah Tembi.

Omah Tembi adalah gabungan dari rumah asli penduduk setempat, yang dibangun menjadi sebuah tempat peristirahatan. Dia berpadu dengan bangunan khas seperti pendopo, joglo serta halaman yang luas. Keberadaan saung dan sawah di dekatnya, mempertegas kedesaannya.

Tempat ini rasanya pas bagi Anda yang ingin menikmati retreat bersama pasangan. Setelah mengunjunginya suatu kali, Rudolf, seorang penulis kenalan saya, menggambarkan Omah Tembi sebagai tempat yang tenang, cocok bagi pasangan yang ingin menikmati waktu berdua.

Tapi tidak hanya itu. Di sini Anda dan si Dia bisa melakukan beberapa aktifitas lain. Seperti kegiatan mengelilingi Kawasan Wisata Gabusan-Manding-Tembi, menggunakan kereta mini, andhong, atau becak, sambil berbelanja dan menikmati jajanan serta makanan khas daerah setempat. Detailnya bisa Anda lihat di http://www.omahtembi.com.

Jika Anda tertarik mampir ke sana, kata Rudolf, jaraknya hanya sekitar 20 menit dari pusat kota Yogyakarta, dan dari sisi utara Pantai Parangtritis—tentu  saja tanpa macet. Desa Tembi adalah satu tempat di Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul.

•    UBUD, BALI
Siapa yang tidak setuju kalau saya sebut Bali adalah satu dari sekian tujuan paling romantis di Tanah Air? Ya… terutama bagi Anda yang tinggal di luar pulau ini. “Apapun bisa terjadi di Bali,” begitu deskripsi imajinasi Erika, seorang penulis. Dan terlepas dari semua kenangan yang pernah dialaminya, pulau ini memang memiliki pesona yang mengagumkan.

Coba ajak si Dia ke desa Ubud. Erika—dan dua wanita lain yang saya tanyai—menyebut nama ini sebagai rekomendasi tempat romantis. Kenapa? Ubud memiliki suasana alam yang menenangkan. Dan karena kedekatannya dengan alam, tempat ini cenderung lebih sejuk jika dibandingkan dengan tempat wisata lainnya di Bali.

Pilihlah salah satu resort, seperti Maya Ubud dan sejenisnya. Rancangan arsitektur tempat ini bisa memberi ketenangan, dan seakan memang disediakan untuk menjamu romantisme Anda dan si Dia. Pemandangannya yang indah, ruang-ruangnya yang nyaman, dan… oya, di Maya Ubud, Anda bisa menemukan satu kolam renang yang letaknya persis di sisi jurang—aman kok—dan berdampingan dengan panorama persawahan. Suasananya membuat Anda seakan sedang berendam di satu sisi sungai. Bayangkan apa yang akan Anda nikmati bersama si Dia di sana.

•    SENGGIGI, LOMBOK, NUSA TENGGARA BARAT
Tempat ini terkenal akan hamparan pasir putihnya yang bersih, dengan hotel dan restaurant eksotis pinggir pantai, yang bisa Anda singgahi untuk menikmati indahnya sinar matahari saat terbenam. Lonely Planet mencatat, ada teluk cantik di sisi utara Senggigi. Sebuah teluk tersembunyi yang bisa Anda nikmati secara tersembunyi bersama si Dia. Kendati begitu, Anda juga bisa menemukan bar sederhana dengan nuansa nelayan di tempat yang sama.

Akses menuju ke tempat ini cukup mudah. Anda bisa memilih, menggunakan pesawat terbang, kapal ferry atau kapal cepat dari Bali. Begitupun mengenai transportasi selama di Senggigi. Judith Hutapea dalam Honeymoon Destination menulis, Anda bisa menyewa mobil, motor, atau menggunakan taksi. Alternatif lain yang mungkin bisa memberi Anda suasana baru: Cidomo, transportasi lokal semacam kereta kuda.

Kalau Anda ada di sana pada hari minggu, jangan lupa singgah ke lapangan Salakalas. Di sini Anda bisa menyaksikan pacuan kuda tradisional—uniknya, penduduk setempat aka memijat kuda-kuda itu sebelum berpacu—Dan tak ada salahnya juga kan kalau Anda dan si Dia bertaruh kuda mana yang menang?

•    DERAWAN, BERAU, KALIMANTAN TIMUR
Derawan mewakili romantisme Kalimantan. Karena di sini Anda dan si Dia bisa menikmati keindahan alam, mulai dari hutan yang menyimpan beraneka ragam tanaman dan binatang, barisan pohon kelapa dan pasir pantai yang lembut, permukaan laut berwarna gradasi biru dan hijau, serta pemandangan bawah laut yang mengagumkan. Kepulauan Derawan merupakan satu dari sekian tujuan penyelaman utama dunia.

Perjalan menuju tempat ini juga bisa menjadi petualanag tersendiri bagi Anda berdua. Kata Judith, dari Balikpapan, Anda bisa menggunakan jasa pesawat terbang kecil selama satu jam, lalu melanjutkan dengan kendaraan darat, terakhir—menyeberang ke pulau—Anda bisa memilih bersantai menggunakan perahu nelayan atau dengan speedboat selama 30 menit. Nah, saat di atas air, jika beruntung, Anda bisa melaju bersama rombongan penyu atau ikan hias di permukaan laut yang jernih. Menarik bukan?

Jangan khawatir dengan penginapan. Anda bisa memilih penginapan kelas melati, atau cottage pinggir pantai yang menyenangkan.

•    BUNAKEN, MANADO, SULAWESI UTARA
Apalagi kalau bukan keindahan alam bawah laut kelas dunia. Pesona terumbu karang dan ikan hias akan memberi Anda pengalaman yang berbeda. Anda bahkan bisa melihat keindahannya dengan jelas sejak mencelupkan penglihatan ke bawah permukaan laut. Tentu saja, jangan lupa gunakan peralatan snorkeling Anda—yang bisa disewa di tempat.

Judith mencatat beberapa tujuan romantisme Anda dan si Dia. Terutama adalah Tembok Lekuan 1 hingga 3. tempat ini memiliki dengan dinding curam dan celah yang delam, serta kipas angin laut dan spons raksasa yang sangat cantik. Anda juga bisa menikmati rombongan ikan kakak tua besar dan penyu, serta ikan-ikan menakjubkan, termasuk ikan hiu terumbu. Wah…

Kawasan lain juga tidak kalah menyenangkan. Di Mandolin, Anda bisa berenang berdekatan dengan gerombolan ikan, seperti ikan penembak, surgeonfish, unicornfish, dan bannerfish. Mereka sangat mudah didekati. Dan tentu saja itu bisa jadi satu pengalaman yang menyenangkan.

(Telah dimuat di Majalah Men’s Health Indonesia edisi Maret 2012, dengan perubahan seperlunya)
Iklan

2 pemikiran pada “ROMANTISME INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s