Tengoklah Sinabung!

Mari kita lihat foto satelit daerah sekitar Gunung Sinabung, pada 6 Februari 2014. Saya mengambilnya dari situs berita CBCnews, yang mengutip data lembaga antariksa Amerika Serikat NASA. Katanya, perkampungan, hutan, dan peternakan, diselimuti debu vulkanik.

Gunung Sinabung, 6 Februari 2014

Lalu lihat foto perbandingan di bawah ini. Sebelah kiri adalah daerah sekitar Gunung Sinabung pada 7 Juni 2013, dan sebelah kanan pada 6 Februari 2014.

Kiri 7 Juni 2013, kanan 6 Februari 2014

Dan lihat betapa hijaunya daerah Gunung Sinabung sebelum erupsi terjadi. Ya, foto di bawah ini adalah pada 7 Juni 2013.

Gunung Sinabung, 7 Juni 2013

Apa pendapat kamu?

Berita tentang meletusnya Gunung Sinabung di Tanah Karo, Sumatera Utara, pertama kali saya baca dari akun facebook seorang teman, 17 September 2013. Teman itu mengunduh foto persimpangan jalan dengan satu tugu di tengah-tengahnya, beberapa kendaraan, serta debu yang menghalangi jarak padang dan menutup rata seluruh badan jalan. Dia memberi keterangan: “Kondisi Tanah Karo selepas letusan susulan Gunung Sinabung siang tadi. Tuhan memberkati saudara-saudaraku semua di Taneh Karo Simalem”. Beberapa situs media nasional baru memberitakan ketika Gunung Sinabung kembali meletus pada 18 November 2013.

24 November 2013, Gunung Sinabung mendapat status Awas. Tapi hingga sehari setelahnya, Kompas.com menulis, Badan Penanggulangan Bencana Daerah belum juga memperlihatkan keterlibatannya. Sementara letusan, gempa, dan awan panas masih terus terjadi, hingga hari, minggu, dan bulan-bulan berikutnya. 23 Januari 2014, Presiden dari Partai Demokrat SBY, baru singgah ke daerah pengungsian.

Hingga hari ini, situasi di sekitar daerah Gunung Sinabung belum benar-benar aman, sebagian korban juga masih mengungsi, dan debu vulkanik masih ada. Artinya, bencana yang jauhnya sekian kilometer dari Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta ini masih butuh perhatian. Sama seperti bencana di berbagai daerah di Tanah Air lainnya. Jadi, boleh dong kalau saya minta kepada kita: ayo, tengoklah Sinabung…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s