Inspirasi Rabu Abu

Rabu AbuAbu sepertinya sudah biasa dijadikan simbol pertobatan sejak masa Israel kuno. Kitab suci Kristen mencatat Ayub, Daniel, dan beberapa tokoh lainnya menggunakannya saat bergumul. Tapi saya tidak tahu bagaimana mereka menggunakannya.

Ide ini juga diadopsi sejak lama oleh gereja eropa modern. Yaitu di ibadah Rabu Abu, pada awal minggu Pra-Paskah pertama. Tapi dalam perkembangannya, tradisi ini melekat pada gereja Katolik, sementara sebagian besar gereja Protestan sudah lama meninggalkan. Termasuk Gereja Kristen Indonesia (GKI), tempat saya beribadah. Entah kenapa.

Yang menarik, sekitar tiga tahun terakhir, kalau saya tidak salah hitung, GKI kembali menghidupkan ibadah Rabu Abu. Alasannya berhubungan dengan tradisi tujuh pekan Pra-Paska yang belakangan dianggap salah kaprah. Ya, jadi seharusnya cuma ada enam pekan Pra-Paskah, atau 40 hari sebelum Yesus bangkit. Sementara itu, karena tradisi gereja menempatkan hari minggu sebagai hari kebangkitan, dia tidak dihitung sebagai masa penantian. Akibatnya, cuma ada 36 hari. Nah, maka itu ada penambahan empat hari lebih awal, yang adalah Rabu Abu. Kira-kira begitu.

Saya sendiri belum pernah sama sekali mengikuti ibadah Rabu Abu, baik secara Katolik atau Protestan versi GKI (Calvinis). Tapi, ide yang ada di balik simbol, dan alasan GKI mengembalikannya ke dalam ibadah, terasa sangat menarik. Rabu Abu, bagi saya, adalah simbol kontemplasi sederhana, merenung, memandang ke dalam jiwa, merendahkan hati, lebih dari sekedar simbol dan ritual basa-basi. Sementara pilihan untuk mengembalikan adalah bentuk reformasi yang terus-menerus, meluruskan apa yang menyimpang, walau itu artinya mengkritisi diri sendiri. Butuh jiwa yang besar untuk mewujudkan keduanya. Semoga inspirasi Rabu Abu bisa membuat kehidupan jadi lebih baik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s