DEMI HASRAT YANG TAK PERLU USAI

Apa perbedaan cinta dengan suka?

Cinta adalah… kata kerja yang naif: selalu memberi, tak harap kembali. Seperti hubungan tak terjelaskan antara kita dengan orang tua. Kita senang waktu bisa bikin mereka senang, ikut sedih waktu mereka sedih. Bahkan, sudah berhantam sehebat apa juga, tapi tetap saling sayang; mau sekesal apa juga, selalu ada kata maaf.

Suka? Seperti perasaan saya terhadap sebatang cokelat hitam, atau kombinasi nasi panas, gulai daun singkong, dan ikan teri medan goreng pakai cabai, atau terhadap Vespa klasik, atau wanita-wanita cantik di halaman majalah. Sebagian suka bisa segera memudar dengan wajar ketika apa yang saya inginkan dari mereka sudah tidak saya temukan.

Tapi cinta dan suka bisa bekerjasama. Mereka bahkan bisa menikah dan melahirkan hasrat, dorongan yang membuat kita ingin melakukan sesuatu, sekaligus ingin memilikinya. Seperti, yah… eros: cinta antara pria dan wanita. Sayangnya, hasrat juga bisa memudar seiring waktu. Bahkan studi ilmiah mengklaim biang romantisme ini cuma bisa bertahan maksimal sekitar empat tahun.

Untungnya, cinta konon tidak akan pernah mati, suka bisa datang kembali, sehingga hasrat bisa diisi ulang. Caranya? Niat baik dicampur dengan usaha yang tulus. Terbacanya mudah, tapi jelas tidak segampang melepas rindu. Peluk-pelukan, “Aku sayang Kamu”, selesai.

Bagaimanapun, “kompromi… kompromi… dan kompromi” saja tidak cukup. Bahkan pengorbanan bisa tidak ada artinya. Karena cinta bukan hitungan matematis “Saya kasih dia ini, maka saya harus dapat juga”. Perlu ada kesabaran, kejutan-kejutan kecil, dan eksplorasi di sana-sini, terus-menerus sampai waktu yang tidak ditentukan. Atas nama rasa, ya, kita pasti bisa, cuma perlu mencoba. Ya kan?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s