(2009-2013) Redaksi Men’s Health Indonesia

Saya bergabung di redaksi Men’s Health Indonesia, sekitar Februari 2009. Men’s Health Indonesia adalah majalah pria modern, hasil kerjasama antara Femina Group (Indonesia) dengan Rodale Inc. (Amerika Serikat). Saya bertanggungjawab menyediakan bahan tulisan dan foto untuk mengisi beberapa rubrik di majalah tersebut. Lebih dari itu, saya juga terlibat dalam penyelenggaraan acara, pengelolaan media sosial, dan berbagai hal lainnya.

Setiap bulan saya mengusulkan ide-ide penulisan dalam rapat redaksi, kadang idenya disesuaikan dengan tema besar pada bulan tersebut. Jika disetujui, saya akan mencari data dan fakta, termasuk opini dari ahli, lalu mengolahnya menjadi sebuah tulisan bergaya feature. (Feature dalam jurnalistik bisa berarti teknik penulisan yang khas, mengandung unsur human interest). Secara umum, feature di Men’s Health Indonesia sifatnya ‘how to’, cenderung menggunakan pendekatan service journalism. Jadi, isinya bukan sekadar informasi, tapi mengedepankan solusi praktis yang bisa dilakukan sendiri.

Selain tulisan, saya juga menyediakan bahan foto ilustrasi. Bisa dengan mengambil stok foto yang ada, atau dengan melakukan sesi pemotretan bekerjasama dengan tim fotografer, kadang juga dengan redaktur fashion, atau dengan tim Dapur Uji Femina Group khusus untuk pemotretan makanan.

Mengenai rubrikasi, saya bertanggungjawab terhadap isu psikologi dan relasi, selain isu kesehatan, nutrisi, dan beragam lainnya. Saya juga menangani beberapa tulisan kecil seperti ulasan film, produk, liputan acara-acara, dan sebagainya.

Selama di Men’s Health Indonesia, saya pernah mendapat beberapa penghargaan, sebut saja, dua kali Men’s Health International Best Edit, dan peringkat kedua Crizal Writing Competition. Sebelum mengundurkan diri pada Februari 2013, saya sempat mendapat surat pengangkatan menjadi Redaktur Madya.

Iklan