(2013-2015) Digital Strategist Nufolder

Saya bergabung sebagai Digital Strategist di Nufolder sejak 2013 sampai 2015. Nufolder adalah sebuah digital interactive studio (digital agency) yang menyediakan solusi digital untuk berbagai platform media dan tujuan bisnis.

Nufolder memiliki komposisi tim yang ringkas, budaya kerja kreatif, dan manajemen yang hangat, sehingga tim bisa bekerjasama dengan lebih baik, dan bekerja lebih cepat. Makanya, saya lebih senang menyebut pekerjaan kami sebagai hasil kerja tim. Walau secara pribadi saya berperan langsung dalam mengerjakan berbagai hal. Antara lain, membangun konsep dan strategi, membuatkan konten media sosial dan menulis artikel, menyiapkan kuis dan berbagai aktivitas pendukung, menangani selebrita media sosial dan menjalankan advertising digital, mengatur live tweet, menganalisa dan melaporkan hasil kampanye, dan lainnya.

Berikut ini sekilas kampanye yang kami lakukan:

KOMIX TUBE (BINTANG TOEDJOE)
Komix Tube adalah obat batuk versi premium, pengembangan dari Komix kemasan sachet yang sudah popular. Saat pertama kali diluncurkan pada 2012, produk ini bernama Komix DT. Tapi ada penyesuaian merk pada tahun kedua, menjadi Komix Tube. Nufolder menangani kampanye digital sejak awal. Sementara saya baru bergabung saat kampanye digital tahun kedua hampir dimulai. Bisa dibilang, saya hanya mengembangkan yang sudah disiapkan.

Obyektifnya adalah mempopularkan kemasan produk yang berbentuk tube. Untuk itu, kami menjalankan beberapa aktivitas, salah satunya adalah kompetisi video penyebutan tube ala Jessica Iskandar. Jessica Iskandar adalah bintang iklan Komix Tube. Kami menyiapkan ruang di website untuk video yang akan dimuat peserta, menyiapkan video tutorial dan video contoh, mengirim email newsletter ke anggota website yang sudah ada, dan lainnya.

Selain itu, kami juga membuat beberapa game seru, seperti Anagram, untuk meningkatkan kunjungan di website. Sementara di website, kami sudah memuat beberapa tulisan menarik yang berhubungan dengan brand. Ada tulisan yang kami buat, ada juga hasil kerjasama dengan beberapa selebrita media sosial, yaitu Aulia Masna, Marischka Prudence, dan Richard Sambera. Para selebrita itu juga terlibat dalam live tweet yang kami buat seminggu sekali. Kami juga membuat beberapa kuis di Facebook Page dan Twitter.

ASTRA HONDA MOTOR (RAMADHAN)
Astra Honda Motor (AHM) adalah pemegang merk resmi sepeda motor Honda di Indonesia. Ini adalah kampanye digital pertama yang saya menangkan bersama tim. Kami bekerjasama khusus untuk kampanye digital selama ramadhan. Obyektifnya adalah meningkatkan brand awareness dan memberi dukung kepada konsumen mereka yang menunaikan ibadah puasa ramadhan.

Sesuai dengan obyektif dan target pasar, kami membangun kampanye dengan pendekatan sosial. Antara lain dengan memberi kesempatan kepada pengunjung microsite ramadhan AHM untuk terlibat dalam donasi digital. Cukup dengan satu klik ‘share’ ke Facebook atau Twitter pribadi, mereka telah menyumbangkan satu nasi bungkus kepada yang membutuhkan. Satu pengunjung hanya bisa menyumbang maksimal dua nasi bungkus, walau me-klik berkali-kali. Kemudian, distribusi donasi dilakukan secara offline oleh berbagai komunitas sepeda motor Honda di beberapa daerah di Tanah Air, dan dokumentasinya dipublikasi kembali secara digital.

Di microsite yang sama, kami juga menyediakan peta jalur mudik beserta survei tujuan mudik peserta, game interaktif, artikel rohani serta otomotif, dan jadwal sholat. Selain itu, kami juga membuat beberapa aktivitas di media sosial. Seperti kuis dan tanya jawab bersama ustad terkemuka di Twitter, kompetisi foto Lebaran di Facebook Page, dan lainnya.

Saya menangani kampanye ini selama dua tahun, 2013 dan 2014. Tim AHM juga mempercayakan kampanye tahun ketiga kepada tim Nufolder.

DIPLOMAT MILD (WISMILAK GROUP)
Diplomat Mild adalah produk rokok dari Wismilak Group. Saya dan tim pertama kali memenangkan kampanye digital mereka tahun 2013. Secara umum, obyektifnya adalah untuk membangun brand positioning, dengan tema kampanye ‘passion’.

Untuk kampanye digital ini, kami mencoba bermain-main lewat tulisan inspiratif, mengenai passion itu sendiri, dan pembahasan profil-profil sukses. Tulisan-tulisan tersebut kami muat ke dalam website yang kami bangun ulang, dan disebarkan melalui Facebook dan Twitter. Di media sosial tersebut, kami juga memuat berbagai konten inspiratif yang berhubungan dengan tema.

Selain itu, kami juga mendukung acara tahunan Diplomat Mild dengan membuat halaman khusus tentang acara tersebut, berisi jadwal, pengisi acara, tiket, dokumentasi, dan informasi lainnya. Kami juga membuatkan kuis berhadiah tiket gratis, dan live tweet dari lokasi acara. Bahkan, pada tahun kedua, kami membuatkan kompetisi video di website. Peserta bisa langsung memuat ke ruang yang disediakan, atau tampil dan direkam saat em>roadshow dari kota ke kota. Pemenang akan tampil di acara puncak. Nah, sebagai dukungan tambahan, kami bekerjasama dengan beberapa selebita Twitter, blogger, Kaskus Evangelist, serta menjalankan Facebook Advertising, dan Google Adwords.

Saya menangani kampanye ini selama tiga tahun.

RELAXA TWIST (AGEL LANGGENG)
Relaxa Twist adalah pengembangan dari permen Relaxa regular. Teksturnya lembut, bentuknya kotak, berbeda dengan produk regular yang bertekstur keras, berbentuk bulat. Dia memiliki beberapa varian rasa.

Nah, kami memenangkan kampanye media sosial ini tahun 2014. Obyektifnya adalah brand awareness, dan dukungan terhadap penjualan. Kami bermain-main di Facebook, Twitter, dan Instagram. Masing-masing media menggunakan pendekatan berbeda. Misalnya di Instagram. Kami coba membuat konten-konten kreatif, antara lain dengan merangkai kemasan produk, lalu menambahkan dengan corat-coretan hingga membentuk satu gambar menarik. Teknik ini juga sempat kami jadikan kuis, sehingga peserta terdorong untuk ikut membeli produk.

Dorongan untuk membeli produk juga kami lakukan membuat kuis berhadiah tiket gratis premier di bioskop, serta foto bersama Al Ghazali dan Tatjana Saphira. Peserta diminta untuk mengumpulkan kemasan sebanyak-banyaknya. Untuk mendukung kuis ini, kami mendirikan booth sebagai tempat pengumpulan, sekaligus promosi produk.

Selain itu, kami juga menjalankan berbagai aktivitas seperti, Meme Competition lewat Facebook Apps, kuis bergambar di Facebook Page, dan lainnya. Untuk mendukung seluruh aktivitas, kami bekerjasama dengan selebrita Twitter, menjalankan Facebook Advertising, dan Google Adwords.

STEAK HOTEL BY HOLYCOW!
Steak Hotel by Holycow! adalah rumah makan yang menyajikan steak premium dengan harga bersaing. Saya dan tim mendapatkan kampanye ini tahun 2014. Obyektifnya, meningkatkan brand awareness. Kami coba mulai mengembangkannya dari Instagram, Facebook, Twitter. Yaitu dengan menyajikan kembali menu makanan dalam presentasi yang menarik. Bersamaan dengan itu, kami juga membangun ulang website rumah makan tersebut.

Selain itu, kami juga mengelola akun Tripadvisor mereka, dan menjalankan kuis untuk mendukung perayaan ulang tahun mereka, dan lainnya.

DUREX
Durex adalah produk kondom. Saya dan tim mendukung kampanye mereka dalam rangka menyambut Hari Aids Sedunia, dengan melakukan live tweet di seminar kesehatan dari Durex di beberapa sekolah.

Iklan