(2007-2009) Redaksi Star Jakarta

Pengalaman saya bersama Femina Group dimulai dari Star Jakarta, semacam media kawasan berbasis komunitas. Saya bertugas mengisinya dengan liputan-liputan yang berhubungan dengan kehidupan warga, termasuk kegiatan RT, RW, lingkungan cluster, perumahan, pertemanan, arisan, hobi, kerohanian, kegiatan sekolah, pusat perbelanjaan, kuliner, tempat-tempat menarik, profil inspiratif, dan lain-lain. Isunya bisa agak serius seperti masalah banjir di Kelapa Gading, atau kotornya saluran air minum di Serpong, sampai isu ringan seperti pernikahan warga di Bintaro, atau donor darah di Puri.

4776_93506021663_6987396_n

Star Jakarta berbentuk koran, terbit setiap jumat, dua minggu sekali, disebarkan secara gratis ke rumah-rumah warga. Dia hadir di empat kawasan, dengan nama berbeda. Star Gading di Kelapa Gading, Star Serpong di BSD dan Gading Serpong, Star PI-Bintaro di Pondok Indah dan Bintaro, serta Star Puri-Kebon Jeruk di Puri dan Kebon Jeruk. Saya sempat bertugas di empat kawasan tersebut.

4776_93506106663_4398806_n

Selama di sana, saya merasa beruntung bisa mengenal keragaman karakter warga di masing-masing kawasan. Di tempat yang satu cenderung kaku, sementara di tempat yang lain sangat terbuka. Saya pernah satu kali berbincang dengan seorang Ibu pengusaha busana muslim, yang ternyata dulunya pejabat penting di satu bank berskala internasional. Wawancara yang, mungkin, bisa diselesaikan dalam waktu setengah jam, berlanjut menjadi pembicaraan setengah hari tentang pengalaman hidup. Bukan cuma itu, media ini juga membantu saya merasakan dampak langsung dari sebuah tulisan terhadap sekelompok orang. Kesalahpahaman antar lingkungan yang dibahas secara positif, ternyata bisa membantu meredakan ketegangan. Ulasan singkat tentang makanan di sebuah restoran kecil, yang dibuka oleh pemiliknya untuk penghidupan selepas pensiun. ternyata bisa berkembang menjadi kerjasama katering rutin dengan sebuah persekutuan warga. Karena itu, untuk beberapa isu, teknik peliputan dan penulisan harus disesuaikan dengan kebutuhan komunitas.

4776_93506006663_641187_n

Saya bekerja dari November 2007 sampai Februari 2009. Saya dipindahkan ke Men’s Health Indonesia, majalah gaya hidup pria hasil kerjasama Femina Group dengan Rodale Inc. Beberapa bulan kemudian, Star Jakarta mengumumkan edisi terakhirnya.

Iklan